Monday 18 February 2013

5 Hal yang Perlu Ditaklukkan pada Diri Sendiri



5 Hal yang Perlu Ditaklukkan pada Diri Sendiri
1.    Takut
Rasa takut adalah salah satu penghambat terbesar untuk memulai sesuatu. Biasanya muncul saat memikirkan resiko dari pengambilan keputusan. Kita secara psikologis akan merasa takut karena belum siap menerima konsekuensi dari setiap tindakan. Takut akan resiko itu manusiawi, tapi kita harus bisa menghadapi rasa takut itu. Taklukkan rasa takut itu, karena takut memulai untuk mewujudkan mimpi adalah kegagalan yang sia-sia.
2.   Malas
Malas seringkali memmbuat kita sering menunda-nunda sesuatu. Taklukkan malas yang ada pada diri kita dengan menyegerakan sesuatu yang baik. Agar berjalan dengan baik, tetapkan skala prioritas agar kita memiliki kerangka berjalan untuk menuju target kita.
3.    Arogansi
Arogansi perlu ditaklukkan bahkan jika bisa hilangkan sama sekali. Arogansi bisa terjadi dalam bentuk penolakan terhadap kritik. Padahal dari kritik kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan kritik bisa menjadi pelajaran agar kita tidak berbuat kesalahan lagi.
4.  Malu
Malu bisa berawal dari kurang percaya diridan untuk menaklukkannya adalah dengan mencoba untuk meningkatkan rasa percaya diri itu. Salah satu caranya adalah kenali potensi diri, lalu coba untuk menunjukkan potensi kita kepada orang lain.
5.   Ide
Apa yang membuat ide perlu ditaklukkan? Ide adalah sesuatu yang berharga. Ide cemerlang kadang kala muncul secara tiba-tiba atau bisa juga melalui proses pemikiran. Dan saat ide itu muncul, maka harus segera diterapkan.  
Dikutip dari majalah Oase no. 71 edisi Januari 2013

0 comments:

Post a Comment